Jumat, 14 Juni 2013

Umpan paporit GT lele 2014

Asalamu'alaiqum wrwb

Salam gertak buat semua sobat mancing mania..!!!
umpan jitu galatama lele...
mungkin jawabannya hampir tidak ada hal itu disebabkan karena ikan lele cepet bosan dengan satu jenis umpan...
ya namanya juga galatama ikan habis mancing diceburin lagi..wkwkwk

Berikut adalah umpan yang sering digunakan oleh para pemancing dan sering menjaurai (prestasi) di beberapa di kolam galatama di wilayah tangerang :

# umpan alami
meliputi :
1.telor sapu sapu umpan ini bisa langsung digunakan tanpa di olah
2. telor lele {cukup dikukus 1/2 matang kemudian dipotong potong} usahakan diambil dari ikan lele yang berukuran maksimal 1kg
3. sasak /ikan masa yang direbus 3/4 matang umpan ini efektif digunakan untuk ikan baru
4.ucrit { kelabang air}
5.pingkis /anak tikus putih tapi umpan ini agak sadis karna harus dipotong jadi 3bagian
6.cacing kosmetik  ,cacing sawah,dan lur
7.ulat hongkong /jerman tapi sebaiknya umpan ini dicampur atractan
8 ikan kecil mungkin yang paling bagus anak ikan gabus,betok dan ikan gapi
9 telor ikan mas cukup dipotong potong tanpa di olah

untuk umpan alami yang umum / mudah di dapat maka sebaiknya kita menggunakan atractan ( perangsang) contoh ;
apabila kita menggunakan udang maka sebaiknya kita mencampur udang tsb dengan cuka & sedikit esence ( tergantung kreatipitas kita ) hal ini dikarenakan udang mudah di dapat dan dengan otomatis kompetitorlain akan menirunya dan menjadi umpan rame yang menyebabkan ikan bosan dgn umpan tsb
 maka apabila  kita mencampurnya dgn atractan umpan kita menjadi berbeda dgn umpan orang lain

ingat ukuran stoper pelampung , bahkan ukuran senar juga sangat berpengaruh

UMPAN OLAHAN
berikut adalah beberapa umpan olahan yang sering digunakan oleh para jawara di wilayah tangerang

selai usus
bahan:
1 bks selai pisang
1kg usus yang sudah bersih
2sachet susu dancow
1 sachet santan kara

cara membuat:
rebus usus hingga matang kemudian blender dengan santan kara kemudian campur dengan selai dan dancau lalu endapkan hingga 3-4 hari ..

 HULU KOTOK
bahan :
-10 potong kepala ayam berikut leher 
- 2 potong tape singkong( kalau diperbolehkan)
- pengeras ( bisa mengunakan kinoy atau pelet putih )

cara membuat:
kepala ayam direbus sampai benar benar matang kemudian di bakar/panggang sampai sedikit gosong  kemudian tumbuk sampai benar benar halus setelah itu baru kita campur dengan tape dan sedikit pengeras
umpan ini biasanya di beri sedikit esence daging , bisa juga ditambah esence lainya tergantung kreativitas kita

pelet  wayang
Umpan ini cukup diseduh pake air dingin





umpan olahan lainnya

sekian dulu ya sob terimakasih telah membaca artikel saya
untuk para master mohon maaf atas segala kekurangannya....


Catatan ; tidak ada orang yang kaya dengan hasil mancing galatama ...!!!
maka jdikanlah galatama sebagai media hiburan & jangan pernah meninggalkan pekerjaan demi mancing
Wasalamualaikum wrwb 

buat agan agan yang butuh jsa tekhnik (manufacturing & service)
klik disini

29 komentar:

  1. ulat kedongdong juga bagus tuh

    BalasHapus
  2. kalo buat empang yang sudah jadi usus ayam dibusukin juga bagus

    BalasHapus
  3. atractannya boleh juga suh sob kemarin saya coba sampe neter 2 jam naikin 23 kg tapi sesion berikutnya cuma naikin 6 ekor doang tapi dapet babon 3,55 kg

    BalasHapus
  4. kalo musim tidak menentu kaya gini kadang panas dan kadang hujan kleper/anak capung juga bagus tuh.."
    belatung juga jago..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake kepiting sawah.. cuaca apa aja masuk.. klo pake kleper atau telur sapu2.. susah nyarinya...

      Hapus
    2. kepiting sawah lmyn ngesrut sob walau di musim hujan

      Hapus
    3. saya hobi kali mancing lele tpi umpan tada yang cocok

      Hapus
    4. pake USU aja gan (umpan seribuumat alias cacing ) klo ga makan dijaring ajawkwkwk

      Hapus
    5. coba umpan asal TG.PRIOK neh,,, umpan ini gratis dan TOP disegala musim. cuma ngedapatin umpan ini lumayan sulit dan paling sering dijumpai klw malam hari. namanya belut hitam,bukan belut yg dijual dipasar2 ya. tetapi yang sering dicari dipinggir2 selokan. bisa diolah mentah atau matang,tetapi empedunya dibuang dulu,, insya allah diseruput terus... silahkan dicoba,pasti ketagihan. trims

      Hapus
  5. ryady ..mancing dimana lo..??
    kalo di bintaromah 23 kg gak ada apa apanya...

    BalasHapus
  6. kang adjang .. " ada deh entar klo ane kasih tau lahan ane ente gasah lagi mana suka bawa gerombolan lagi

    BalasHapus
  7. waduuh pantesan ntu athejank.lathe@facebook.com alias putrana tukang tahu gw liat di fbnya OL tapi di komen kaga bales taunya ngumpul di mari ya...."
    Ryadi2@ ntu denger" athejank sering juara di empang galatama Bojong cikupa deket selaras ntu katanya sih pake hulu kotok...wkwkwk
    padahalmah pasti kepala ayamnya cuma 5 biji dicampur tape 5 potong + pengeras cuman ESENCEnya itutuh yg bikin orang galau....wkwk made in sumedang gitu saingannya cuman esence seribu bunga

    bisa aja yah ngakalin orangnyamah ...wkwkwk

    BalasHapus
  8. KALAU SAYA CENDERUNG MENGGUNAKAN CACING KALUNG UKURAN SEBESAR SEDOTAN POP ICE KALAU DI JABAR MENYEBUTNYA KALAU NYARI IKAN BESAR CUKUP KEPALANYA DI POTONG KURANG LEBIH 3 CM SAN DI PASANG DI KAIL DAN KELUARKAN BAGIAN KAIL YANG TAJAM DAN KALAU MENCARI IKAN YANG BANYAK CUKUP CACING KALUNG ITU DI MASUKAN KE TUMPUKAN KUKUBIMA ANGGUR DUA BUNGKUS DAN BIARKAN KURANG LEBIH 1/4 JAM KEMUDIAN POTONG POTONG DAN GUNAKAN SEBAGAI UMPAN DAN INI SAYA LAKUKAN KALAU SUDAH SATU SESSION SAYA SUDAH MENDAPATKAN IKAN YANG PALING BESAR SESION BERIKUTNYA CARI TARIKAN KARENA KITA MANCING UNTUK HIBURAN DAN SELAMAT MENCOBA

    BalasHapus
  9. master tosi
    thank atas infonya tapi di wilayah tangerang kebanyakan cacing merupakan umpan larangan
    punya yang lain ga

    BalasHapus
  10. Ulat jerman ja
    g usah d apa2in....
    langsung sindik ja tuh ulat
    trus dpotong kpala ma ekor'a
    mo d gantung pa d dasar
    silahkan coba sendiri...
    ane dh sering menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit nambahin Klo mau yg lebih mantep & Gax bakal gagal.. Ulat jerman atau hongkong kasih minuman yg berbau asam kyak Yakult atau sejenisnya... cemplungin dh tuh Ulatnya.. diemin Kurang lebih 5 jam sbelum Lomba...

      Hapus
  11. kalo ane pake roti brownis gan lumayan kalo mau nyari prestasi mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu d tmpt saya pernah popoler umpan brownis katanyasih berbahan dasar roti brownis yang sudah basi sama ulat honkong yang udah mati
      tapi sekarang umpan itu dilarang karena banyak yg di campur marus

      Hapus
  12. kalau boleh tanya..untuk esensenya rasa apa ya..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk umpan kepala ayam biasanya menggunakan beep sama choya

      Hapus
  13. yg mau beli TS ( telur sapu2) untuk daerah jabodetabek sms aja aku 083875866500

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya brp bang klo wilayah tangerang

      Hapus
  14. pake daging anjing jg bagus nying,,,kemaren gw ga dapet2,,anjing teh..kikikikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake putaso gan ...pucuk tai sorangan..wkwkwkwkwk

      Hapus
  15. saranane pake usus ayamdirebus terus di tumbuk sampehalus...di jamin JUARA

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada jaminan jadi juara gan tapikalo kita siap umpan berati kitaudah siap tempur kalau juara mental sama nasib yang menentukan

      Hapus
  16. Aneh2 ya Umpang kalian semua...
    tpi koq di MEDAN lom ada yg nyoba umpang kalian semua di atas.
    Tapi entar saya coba.
    mudah2an aja Galak :D
    DI MEDAN umpang yg sering di pake galatama Umpan daging ayam di bakar.
    dan Umpan telur Sapu2 yg galak.

    BalasHapus
  17. umpan jangkrik boosss dijamin neter terus.selat mencoba......

    BalasHapus