Jumat, 14 Juni 2013

Umpan paporit GT lele 2014

Asalamu'alaiqum wrwb

Salam gertak buat semua sobat mancing mania..!

UMPAN GALATAMA LELE
mungkin kata itu yang sering di gunakan di search engine..!!!
mungkin untuk menjawab pertanyaan itu kita harus pelejari dulu tentang sistem mancing galatama..!!
beda halnya dengan mancing harian yang ikan habis di pancing terus dibawa pulang dan masuk penggorengan, tapi galatama ikan habis di pancing trus di cemplungin lagi .."
ya intinya galatama ikan yang kita pancingi masih itu itu saja makanya ikan cepet bosan dengan satu jenis umpan / umpan yang umum..''

ada 2 jenis umpan dalam GT lele yaitu umpan alami dan olahan
untuk umpan alam biasanya jarang bertahan karena harus disesuaikan dengan kondisi cuaca dan kondisi di empang..'
sedangkan untuk umpan olahan biasanya relatip stabil tapi untuk umpan ini perlu pengenalan dahulu, di ibaratkan kita memberi makan burung dari alam liar tidak mungkin langsung mau makan pelet tapi harus di ajarin dulu..!!
berikut adalah umpan yang biasa digunakan dan menjuarai (prestasi) di galatama lele

UMPAN ALAMI

1 telor sapu sapu..( bisa langsung digunakan atau bisa juga dihancurkan dan pemakaiannya menggunakan kapas) umpan ini bisa dimatikan menggunakan minuman suplemen seperti kuku bima
2 ucrit/ kelabang air
3 pingkis / anak tikus putih ( dipotong menjadi 3 bagian )
4 telor ikan mas dan telor lele ( untuk telor lele harus dikukus dahulu biasanya sebelum digunakan biasa di tambahin supertetra dan minyak ikan atau minyak indomie rasa bawang )
5 laba laba
6 unggas aborsi ( unggas seperti ayam bebek yang masih di dalam telur )
7 kerang ,seperti kerang darah, kerang ijo , kepah, kijing/ krang air tawar

untuk umpan alami yang umum seperti ulat hongkong ,udang, cacing ,jangkrik sebaiknya kita mengolahnya dahulu dengan memberi atractan / perangsang

berikut cara mengolah / memberi atractan pada umpan tsb

1 mahong / ulat hongkong
bahan
 ulat hongkong beli Rp 5000,
 2 butir telor bebek
 minyak ikan
dedak / popan cukup 1 sendok
cara membuatnya , aduk telor ,dedak, dan minyak ikan baru msaukan ulatnya untuk minyak ikan , itu yang menjadi patokan kadang di satu empang bisa mencapai 30 butir minyak ikan baru ngesrut tapi kadang di empang yang lain malah hanya cukup 20 butir

2 udang
untuk udang sangat gampang karna cukup dikasih cuka sama extrajoss / kuku bima

3 cacing
bisa juga ditambah cuka dan kuku bima., ada juga yang menambahkan telor puyuh dan sedikit esence, kadang juga dikasih sunlig dan esence buah

UMPAN OLAHAN
KLIK DISINI
catatan tidak ada yang kaya dengan hasil mancing galatama kecuali yang punya empang
jadikanlah mancing galatama sebagai hiburan di waktu senggang jangan sampai memaksakan diri apalagi meninggalkan pekerjaan..

salam gentak
adjnk led

30 komentar:

  1. ulat kedongdong juga bagus tuh

    BalasHapus
  2. kalo buat empang yang sudah jadi usus ayam dibusukin juga bagus

    BalasHapus
  3. atractannya boleh juga suh sob kemarin saya coba sampe neter 2 jam naikin 23 kg tapi sesion berikutnya cuma naikin 6 ekor doang tapi dapet babon 3,55 kg

    BalasHapus
  4. kalo musim tidak menentu kaya gini kadang panas dan kadang hujan kleper/anak capung juga bagus tuh.."
    belatung juga jago..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake kepiting sawah.. cuaca apa aja masuk.. klo pake kleper atau telur sapu2.. susah nyarinya...

      Hapus
    2. kepiting sawah lmyn ngesrut sob walau di musim hujan

      Hapus
    3. saya hobi kali mancing lele tpi umpan tada yang cocok

      Hapus
    4. pake USU aja gan (umpan seribuumat alias cacing ) klo ga makan dijaring ajawkwkwk

      Hapus
    5. coba umpan asal TG.PRIOK neh,,, umpan ini gratis dan TOP disegala musim. cuma ngedapatin umpan ini lumayan sulit dan paling sering dijumpai klw malam hari. namanya belut hitam,bukan belut yg dijual dipasar2 ya. tetapi yang sering dicari dipinggir2 selokan. bisa diolah mentah atau matang,tetapi empedunya dibuang dulu,, insya allah diseruput terus... silahkan dicoba,pasti ketagihan. trims

      Hapus
  5. ryady ..mancing dimana lo..??
    kalo di bintaromah 23 kg gak ada apa apanya...

    BalasHapus
  6. kang adjang .. " ada deh entar klo ane kasih tau lahan ane ente gasah lagi mana suka bawa gerombolan lagi

    BalasHapus
  7. waduuh pantesan ntu athejank.lathe@facebook.com alias putrana tukang tahu gw liat di fbnya OL tapi di komen kaga bales taunya ngumpul di mari ya...."
    Ryadi2@ ntu denger" athejank sering juara di empang galatama Bojong cikupa deket selaras ntu katanya sih pake hulu kotok...wkwkwk
    padahalmah pasti kepala ayamnya cuma 5 biji dicampur tape 5 potong + pengeras cuman ESENCEnya itutuh yg bikin orang galau....wkwk made in sumedang gitu saingannya cuman esence seribu bunga

    bisa aja yah ngakalin orangnyamah ...wkwkwk

    BalasHapus
  8. KALAU SAYA CENDERUNG MENGGUNAKAN CACING KALUNG UKURAN SEBESAR SEDOTAN POP ICE KALAU DI JABAR MENYEBUTNYA KALAU NYARI IKAN BESAR CUKUP KEPALANYA DI POTONG KURANG LEBIH 3 CM SAN DI PASANG DI KAIL DAN KELUARKAN BAGIAN KAIL YANG TAJAM DAN KALAU MENCARI IKAN YANG BANYAK CUKUP CACING KALUNG ITU DI MASUKAN KE TUMPUKAN KUKUBIMA ANGGUR DUA BUNGKUS DAN BIARKAN KURANG LEBIH 1/4 JAM KEMUDIAN POTONG POTONG DAN GUNAKAN SEBAGAI UMPAN DAN INI SAYA LAKUKAN KALAU SUDAH SATU SESSION SAYA SUDAH MENDAPATKAN IKAN YANG PALING BESAR SESION BERIKUTNYA CARI TARIKAN KARENA KITA MANCING UNTUK HIBURAN DAN SELAMAT MENCOBA

    BalasHapus
  9. master tosi
    thank atas infonya tapi di wilayah tangerang kebanyakan cacing merupakan umpan larangan
    punya yang lain ga

    BalasHapus
  10. Ulat jerman ja
    g usah d apa2in....
    langsung sindik ja tuh ulat
    trus dpotong kpala ma ekor'a
    mo d gantung pa d dasar
    silahkan coba sendiri...
    ane dh sering menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit nambahin Klo mau yg lebih mantep & Gax bakal gagal.. Ulat jerman atau hongkong kasih minuman yg berbau asam kyak Yakult atau sejenisnya... cemplungin dh tuh Ulatnya.. diemin Kurang lebih 5 jam sbelum Lomba...

      Hapus
  11. kalo ane pake roti brownis gan lumayan kalo mau nyari prestasi mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu d tmpt saya pernah popoler umpan brownis katanyasih berbahan dasar roti brownis yang sudah basi sama ulat honkong yang udah mati
      tapi sekarang umpan itu dilarang karena banyak yg di campur marus

      Hapus
  12. kalau boleh tanya..untuk esensenya rasa apa ya..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk umpan kepala ayam biasanya menggunakan beep sama choya

      Hapus
  13. yg mau beli TS ( telur sapu2) untuk daerah jabodetabek sms aja aku 083875866500

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya brp bang klo wilayah tangerang

      Hapus
  14. pake daging anjing jg bagus nying,,,kemaren gw ga dapet2,,anjing teh..kikikikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake putaso gan ...pucuk tai sorangan..wkwkwkwkwk

      Hapus
  15. saranane pake usus ayamdirebus terus di tumbuk sampehalus...di jamin JUARA

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada jaminan jadi juara gan tapikalo kita siap umpan berati kitaudah siap tempur kalau juara mental sama nasib yang menentukan

      Hapus
  16. Aneh2 ya Umpang kalian semua...
    tpi koq di MEDAN lom ada yg nyoba umpang kalian semua di atas.
    Tapi entar saya coba.
    mudah2an aja Galak :D
    DI MEDAN umpang yg sering di pake galatama Umpan daging ayam di bakar.
    dan Umpan telur Sapu2 yg galak.

    BalasHapus
  17. umpan jangkrik boosss dijamin neter terus.selat mencoba......

    BalasHapus
  18. jangkrik...?
    jgn kan makan nyenggol aja pon gk bg -_-

    skrang saya uda dapet umpan jitu buat mancing GT lele ;)

    BalasHapus